Penjelasan Tentang Pengertian Budaya Demokrasi

Penjelasan Tentang Pengertian Budaya Demokrasi - Sebelum membahas tentang budaya demokrasi, apakan anda sudah mengenal tentang Pengertian demokrasi yang sebenarnya? jika masih membutuhkan penjelasan tentang demokrasi silahkan simak: Pengertian Demokrasi Menurut para Ahli Lengkap

Penjelasan Tentang Pengertian Budaya Demokrasi

Pengertian Budaya Demokrasi

Budaya demokrasi terdiri atas dua kata, yaitu budaya dan demokrasi. Budaya berarti hasil kemampuan akal manusia dalam lingkungan kehidupannya. Adapun pengertian demokrasi adalah keadaan Negara yang sistem pemerintahannya berkedaulatan rakyat. Artinya , kedaulatan dalam pemerintahannya berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat, dan kekuasaan oleh rakyat.

Berdasarkan asal katanya, budaya demokrasi mempunyai pengertian kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi seperti menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan. Budaya demokrasi juga dapat dikatakan sebagai bentuk aplikasi atau penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip demokrasi itu sendiri. Dengan demikian, tercerminlah prinsip-prinsip demokrasi dalam budaya demokrasi.

Contoh bentuk budaya demokrasi di Indonesia adalah dilaksanakannya pemilihan umum setiap lima tahun sekali baik untuk memilih presiden maupun wakil-wakil rakyat. Sejak tahun 2004, pemilihan presiden di Indonesia dilaksanakan secara langsung oleh rakyat. Dengan demikian, rakyat telah diikutsertakan dalam pengambilan kebijakan publik. Itulah salah satu bentuk budaya demokrasi di Indonesia.

Demikian penjelasan tentang pengertian budaya demokrasi. Silahkan simak beberapa artikel menarik lainnya tentang seputar demokrasi dan hukum DISINI. dapatkan update terbaru dari blog sederhana ini. Selamat Belajar.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Tentang Pengertian Budaya Demokrasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel